Tips, cara memilih program kuliah S2.

Cek beasiswa di sini
Beasiswa Kampus
Rabu, 15 Juli 2020 | Juli 15, 2020 WIB


Tips, cara memilih program kuliah S2.

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi merupakan impian setiap orang, dan membutuhkan usaha yang lebih pula. Setelah menamatkan kuliah sarjana SI, ada sebagian orang yang merasa belumlah cukup untuk standar keilmuan mereka.

Jenjang pendidikan S2 menjadi kebanggaan tersendiri bagi anda yang ingin memulai karier. Bahkan sekarang ini banyak para karyawan melanjutkan kembali studinya ke jenjang S2, hal ini dikarenakan semakin ketatnya persaingan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Melanjutkan studi S2 dapat membuka peluang yang lebih besar bagi anda yang ingin berkarier dan menjadi seorang profesional. Namun, sebelum anda mengambil keputusan untuk melanjutkan studi S2, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini :

1.  Perguruan tinggi PTN atau PTS yang akan anda tuju.
Memilih perguruan tinggi PTN atau PTS yang akan ditempuh sangatlah penting. Perkara inipun tidakalah mudah. Masing-masing punya prioritas yang berbeda. Ada yang berdasarkan Akreditasi kampus, berdasarkan lokasi, faktor akademik dan peluang karier. Nah, oleh karena itu carilah perguruan tinggi yang konsisten dalam mempertahankan kualitasnya.

2.  Kemampuan tes bahasa Inggris.
Untuk tes bahasa inggris ini bisa dari eksternal, atau tes harus di internal kampus. Tes bahasa Inggris umumnya serupa TOELF, TOIEC atau IELTS. Umumnya dengan nilai minimal TOEFL 450.

3.  Bidang spesialis apa yang anda minati.
Setiap orang mempunyai tujuan dan alasan yang berbeda terkait jurusan atau prodi. Pilihan anda harus benar-benar spesifik dan sesuai dengan bidang anda yang anda tekuni dengan maksimal. Memiliki passion pada bidang yang ingin anda tekuni pasti akan memberikan hasil yang lebih baik.

4.  Waktu menempuh program yang anda minati.
Umumnya target waktu tempuh program S2 adalah 2 tahun. Meskipun ada juga yang dapat ditempuh dalam waktu lima belas bulan, bahkan satu tahun, hal tersebut tergantung dari akreditasi perguruan tinggi.

5.  Peluang karier dan jabatan.
Dengan memiliki kualifikasi sebagai lulusan Master, diharapkan dapat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang lebih baik. Namun hal tersebut tidaklah mudah. Persaingan antar lulusan Master sangat ketat, jika hanya mengandalkan pengetahuan saja tidaklah cukup harus juga disertai dengan kemampuan berkomunikasi dan jiwa kepemimpinan yang terasah.

Nah itulah beberapa tips cara memilih program studi S2, ayo! segera cari informasi perguruan tinggi yang  anda inginkan, untuk melajutkan studi S2 anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

× Tutup

Kategori